Joke Lawas Soal TPI dan RCTI

10 Oct 2013

e1c0cd13c106f18634a5b34cd4414c33_tpi-rctiDon Cempluk hanyut dalam kenangan masa kecilnya saat membaca berita soal Mbak Tutut yang kembali mendapatkan TPI. Gara-gara Hary Tanoe TPI saat ini namanya jadi MNC TV.

Bagi Don Cempluk, TPI dan RCTI adalah televisi swasta pertama yang membawa perubahan di dunia media publikasi Indonesia (bahasanya mana tahan). Gaya siaran yang berbeda dari TVRI membuat kedua stasiun televisi itu sering jadi bahan guyonan.

RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia)

Don Cempluk ingat betul banyak orang kesal gara-gara iklannya. Waktu itu iklan adalah barang baru dan kemunculannya dianggap mengganggu keasyikan menonton TV.

Jadi RCTI sering disebut juga Rame-rame Cerita Tahu-tahu Iklan.

TPI (Televisi Pendidikan Indonesia)

Seraya beringsut dari kursinya menuju pantry kantor, Don Cempluk terbayang dua plesetan singkatan bagi stasiun TV yang mempunyai slogan ‘Makin Asyik Aja’ waktu itu. Glup, Televisi Pilem India dan Televisi Pagi-pagi Idup.

Mungkin TPI adalah televisi pertama yang menjadi pelopor siaran pagi di Indonesia. Samar-samar Don Cempluk mengingat siaran pertama TPI mulai sekitar pukul 08.00 WIB. Acaranya materi pendidikan mulai dari SMP sampai SMU.

Kelar acara pendidikan lanjut ke acara film. Semenjak kemunculan TPI, film India tidak hanya bisa dinikmati di bioskop Rivoli yang sekarang sudah gulung tikar. Film-film bollywood yang tadinya dipandang sebelah mata lambat laun mulai memiliki penggemar tersendiri.

“Filmnya 3 jam. Satu jam sendiri buat joget-jogetnya,” ujar Don Cempluk dalam hati.

Apakah MNC TV akan kembali bernama TPI? Entahlah, karena sepertinya Don Cempluk pun lebih sibuk mengurusi celananya yang ketumpahan kopi.


TAGS


-

Author

Follow Me


Categories

Archive