Dosa-dosa Pemotor di Jakarta

30 Jan 2012

2012-02-04-134400Rekaman video di youtube soal Ibu yang mengusir pemotor di trotoar Semanggi ramai jadi pembicaraanorang-orang. Dukungan terhadap Ibu itu mengalir, walaupun identitasnya masih misterius.

Masyarakat tampaknya geram dengan ulah pemotor yang kerap main ambil jalan pintas supaya cepat sampaidi tujuan. Hak-hak pengguna jalan lain seolah tidak dipedulikan oleh pemotor yang terkadang lebih galaksaat kita nasihati.

Anjing menggonggong kafilah berlalu. Kritik dan kecaman yang datang bertubi-tubi atas ulah pemotor yang’seenak udelnya’ itu seperti kentut, heboh sejenak lalu hilang. Dukungan juga datang dari mana-mana,tetapi praktiknya di lapangan, tetap saja pemotor adalah raja jalanan.

Iseng-iseng saya coba menyusun dosa-dosa pemotor yang terjadi tiap hari di jalanan. Apa saja itu?

1. Suka naik trotoar. Pejalan kaki jadi susah lewat. Bahkan diklakson oleh pemotor tanpa sadar dirikalau mereka yang salah

2. Berhenti tidak di belakang garis zebra cross. Orang yang hendak menyebrang jalan jadi sulit. Sampaiharus miring-miring melewati celah antara antrian motor-motor yang berantakan.

3. Suka mendahului lampu hijau. Asalkan sudah dirasa aman, pemotor banyak yang suka main serobot lampumerah. Bahkan pemotor yang tertib pun malah diklakson dan dimarahi kalau tidak memberi jalan.

4. Nyerobot jalur transjakarta? So pasti… Kalau mau cepat pakai cara ekspress. Wuss…

5. Kalau nyerempet atau nabrak mobil orang cuma cengar-cengir terus kasih lambaian tangan plus sedikitanggukan. Coba kalau mereka yang ditabrak, wih dijamin bakal disemprot habis-habisan tuh sampe puas.

6. Jalan melawan arus? Siapa takut! Alhasil kendaraan yang di jalurnya yang benar kadang terpaksamengalah supaya tidak terjadi tabrakan.

7. Ngerokok dan main HP waktu motornya sedang melaju. Aduh abu rokoknya itu lho, kena pengguna jalanyang lain. Apalagi kalau abu rokok masih ada baranya, bisa bahaya kalau kena mata.

8. Alay merajalela. Ciri-ciri: nggak pakai helm, cuma pakai baju kaos doang, ngobrol sebelah-sebelahandi atas motor menghalangi pengguna jalan yang lain, dan suka memotong jalan tanpa menyalakan lampusinyal belok.

Sebenarnya tidak hanya pemotor aja sih yang kurang ajar dan ngawur, pemobil juga idem. Cuma jumlahpemotor yang mirip ikan teri tumpah di jalan memang lebih kentara.

Lalu tidak semua pemotor juga bawa kendaraan ugal-ugalan. Tidak sedikit pula yang bermartabat dan patuhpada rambu-rambu lalu lintas.

Anda masuk di golongan mana?


TAGS


-

Author

Follow Me


Categories

Archive