Yakuza 3, Perjuangan Menyelamatkan Panti Asuhan

5 Jul 2010

Kazuma KiiryuDalam seri Yakuza 3, Sega tampaknya sekali lagi berhasil meraup kesuksesan. Dirilis secara eksklusif untuk konsol PS3, Sega berhasil membuat penggemar seri Yakuza kembali tersenyum lebar.

Gambar apik khas konsol next gen, storyline mendalam, dan gameplay yang adiktif bakalan membuat gamer ‘terhisap’ ke dalam dunia Yakuza. Sebagai Kazuma Kiiryu yang berjuluk The Dragon of The Dojima Family, Anda adalah sosok yang tangguh, setia kawan, dan peduli pada anak-anak.

Pada seri ini, Kazuma terpaksa kembali ke Kamurocho, Tokyo, setelah 2 tahun hidup damai mengurus sunflower orphanage di Okinawa. Kazuma akan kembali bertemu teman-teman lamanya seperti Majima, Dante, Daigo, dan duo pemilik bar Stardust.

Pemilik tato naga di punggungnya itu akan menguak siapa saja pemain dalam rencana proyek besar Okinawa Resort yang bakal menggusur sunflower orphanage dan rumah-rumah penduduk. Dalam perjalanan menguak misteri itu, gamer bisa menyelesaikan side mission yang ringan dan kadang menggelitik.

Grafis
Soal ini, kemampuan Playstation 3 sudah benar-benar dimanfaatkan oleh Sega. Gambar pada saat cut scene dan pada saat permainan berlangsung tidak beda jauh. Suasana kota kecil di Okinawa dan hedonnya Kamurocho bisa tervisualisasikan dengan baik.

Gerakan-gerakan Kazuma maupun orang-orang di keramaian sangat realistis. Saat masuk dalam battle mode bisa terlihat cipratan darah maupun noda darah di baju Kazuma bisa terjejak dengan jelas dan tajam.

Efek slo-mo ketika Kazuma melancarkan jurus-jurus tertentunya bisa tergambarkan dengan dramatis. Tidak heran jika nanti ada gamer yang berdecak kagum melihat visualisasi Kazuma melancarkan finishing blow-nya.

Satu hal lagi yang cukup bisa membuat Yakuza 3 hidup adalah penggambaran mimik tokoh-tokoh yang ada di dalamnya. Dengan melihat wajahnya saja, gamer bisa tahu apakah tokoh yang ada itu sedang sedih, marah, atau senang. Plus gerakan bibir yang sesuai dengan kalimat yang diucapkannya.

Tata suara
Satu nilai tambah dalam Yakuza 3 adalah Sega tidak mendubbing dialog untuk versi US-nya dan memilih subtitle. Dengan demikian gamer tidak kehilangan suasana dan dialek tegas khas bahasa negeri sakura itu.

Sepanjang permainan, gamer akan terus menerus disajikan dengan suara background dari suatu scene yang bisa membuat suasana hidup. Di pantai gamer bisa mendengar deburan ombak dan cerecetan burung camar; di kota gamer bisa merasakan bisingnya klakson kendaraan dan hiruk pikuk suara orang di pasar; di dalam pub, dentingan gelas beradu dan alunan musik terdengar jelas .

Bag big bug saat Kazuma menghajar lawan-lawannya juga mendapat nilai positif. Suaranya tidak garing, mirip dengan efek yang muncul di film-film.

Gameplay
Terbagi dalam 12 chapter, Yakuza 3 tidak hanya menyajikan melulu adegan kekerasan. Side missionnya beraneka ragam. Mulai dari menolong orang yang mau bunuh diri, mencari resep nyam-nyam untuk mie, sampai dengan mengungkap misteri legenda-legenda di Okinawa.

Misi-misi sampingan ini selain menghibur bisa dijadikan sarana menambah experience. Experience ini bisa digunakan gamer untuk mengunlock skill Kazuma dan mendapatkan jurus-jurus tertentu yang keren dalam pertarungan.

Gamer juga bisa menjelajahi Kamurocho dan Okinawa jika sedang senggang. Kalau mau makan silakan kunjungi aneka warung dan restoran; kalau mau santai dan bermabuk-mabukan bisa datang ke bar; kalau butuh hiburan ada Asian yang menyajikan tarian *ahem sensual.

Sama seperti seri Yakuza terdahulu, selama menjelajahi kota gamer akan ‘diganggu’ oleh Yakuza atau anggota gang yang pasti berujung ke perkelahian. Di bawah bar petunjuk life ada bar heat. Jika Heat sudah terisi maka Kazuma bisa mengeluarkan gerakan-gerakan spesial yang mematikan.

Jika merasa kewalahan menghadapai musuh yang sering keroyokan, gamer bisa melengkapi diri dengan senjata yang bisa baru dikeluarkan ketika bertarung seperti samurai, tonfa, toya, dan nunchaku. Kesemua senjata itu kini bisa dibeli di toko. Di toko yang sama, gamer bisa memodifikasi dan memperbaiki senjata yang rusak dalam pertempuran.

Kesimpulan:
Grafis, tata suara, dan gameplay Yakuza 3 memang bagus. Tetapi satu aspek lagi yang membuat Yakuza 3 bisa sangat membius gamer dalam memainkannya adalah jalan ceritanya yang solid. Gamer yang baru memainkan Yakuza di seri ini tidak perlu khawatir karena ada menu untuk bisa memutar ulang kisah Kazuma beraksi di seri 1 dan 2.

Sega bisa dengan baik mengaitkan peran antartokoh sehingga terjalin alur cerita yang baik. Pada suatu titik jangan heran kalau gamer menghabisi musuh-musuh Kazuma dengan amarah yang membara. Maklum saja, siapa sih yang nggak emosi melihat keluarganya disakiti.

Disakiti bagaimana? Eits, daripada bikin spoiler di sini silakan gamer cicipi sendiri. Ditanggung tidak rugi deh!!


TAGS


-

Author

Follow Me


Categories

Archive